Minggu, 24 Februari 2013

Jadi Pustakawan? Minder?? Masalah Lama itu mah

Diposting oleh Unknown di 06.55

Ada yang menarik nih guys, banyak orang yang masih pada salah pemikiran sama jurusan ilmu perpustakaan yang notabene menghasilkan lulusan-lulusan SIP.
Gak tau SIP? Itu loh “Sarjana Ilmu Perpustakaan!”

Haaaaaaaagh.. bade janten naon engkena??  (#mau jadi apa nantinya??)

Lulusan ilmu perpustakaan ya jadi pustakawan lah sob,, eeiitss!! Tapi jangan cuma berhenti pada pemikiran kalo pustakawan itu kerjanya cuma jaga buku yaa.. salah banget!! Masa kuliah 4 tahun bisanya cuma jaga buku tok?? Ya enggaklah .. 

Jadi  pustakawan itu g boleh sembarangan, gak boleh ada istilah siapapun bisa jadi pustakawan tanpa mengenyam pendidikan ilmu perpustakaan, soalnya jadi pustakawan itu dituntut untuk memiliki kompetensi dan skill, selain itu pustakawan juga dituntut untuk aktif dan kreatif. Aktif, biar pustakawan bisa ngeksis.Kreatif, biar pustakawan selalu memiliki ide-ide yang cemerlang untuk memajukan dunia perpustakaan.

Kenapa pustakawan dituntut untuk berkompeten, punya skill, aktif dan kreatif?? Karena biar kerjaan pustakawan itu tuh gak gitu-gitu aja alias monoton. Gimana gak monoton, kalau setiap saat bisanya cuma ngeluh? Yang kayak gini nih biasanya efek dari pustakawan “sembarangan”. *ups??? hihihi

Terus kalo pustakawan gak cuma jaga buku tok, ngapain dong??
Pustakawan, selain mengerjakan pekerjaan teknis di perpustakaan, seperti katalogisasi, penentuan tajuk subjek dan lain-lain, juga berperan mengembangkan literasi masyarakat. Literasi disini, gak hanya kesanggupan bisa baca dan menulis, tapi juga bagaimana masyarakat tersebut dapat mengambil informasi, memilah, memilih, untuk kemudian menggunakan informasi tersebut untuk dirinya dan orang-orang disekitarnya dengan baik dan tepat guna. Gampangannya sih, tugas pustakawan adalah mengolah informasi gitu guys .. ^_^

Apalagi di zaman gadget seperti sekarang ini, dimana setiap orang selalu haus informasi setiap detiknya. Dan juga sekarang ini banyak dari masyarakat tersebut yang merasa tidak perlu lagi datang ke perpustakaan karena informasi online lebih memudahkan kita mendapatkan informasi ketimbang harus datang ke perpustakaan.

So? Gimana kita mengatasi hal ini?? Tenang, pustakawan kan punya senjata paling jitu didunia = “buku”. Jadi jangan khawatir, percayalah pustakawan akan menuntun anda ke jalan yang benar .. cie hahaha. 

Sekian guys. SALAM PUSTAKAWAN !!




0 komentar:

Posting Komentar

 

KETIKAKETIK Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea